Sistem Tanda

Jika kita menyadari di sekitar kita banyak sekali sistem tanda yang memiliki makna khusus dan kita menyepakatinya. Tanda memiliki kedalaman arti yang dapat pula bermakna ambigu. Namun yang paling mendasar bahwa tanda adalah representasi dari acuannya. Hal ini berdasarkan pendapat Charles Sanders Peirce (1839-1914) ahli filsafat Jerman  yang menyatakan

tanda yang sebenarnya adalah makna yang mengemukakan sesuatu, sebagai representasi. Apa yang dikemukakan oleh tanda, apa yang diacunya, apa yang ditunjuknya, disebut oleh Pierce dalam bahasa Inggris object. Dalam bahasa Indonesia disebut “acuan”. Suatu tanda mengacu pada suatu acuan dan representasi seperti itu adalah fungsinya yang utama. Agar tanda dapat berfungsi harus menggunakan sesuatu yang disebut ground. Sering ground suatu tanda berupa kode, tetapi tidak selalu begitu. Kode adalah suatu sistem peraturan yang bersifat transindividual. Banyak tanda yang bertitik tolak dari ground yang bersifat sangat individual.

 

Berdasarkan relasi antara tanda dan acuannya (denotasi), Pierce membedakannya menjadi 3 (tiga) jenis tanda, yaitu : (1) ikon, (2) indeks, dan (3) simbol. Hal ini dinyatakan sebagai berikut : Pada prinsipnya ada tiga hubungan yang mungkin ada. (1) Hubungan antara tanda dan acuannya dapat berupa hubungan kemiripan, tanda itu disebut ikon. (2) Hubungan ini dapat timbul karena ada kedekatan eksistensi; tanda itu disebut indeks. (3) Akhirnya hubungan ini dapat pula berbentuk secara konvensional; tanda itu adalah simbol.

 

Ikon

merupakan tanda yang menyerupai benda yang diwakilinya, atau suatu tanda yang menggunakan kesamaan atau ciri-ciri yang sama dengan apa yang dimaksudkannya. Ikon merupakan suatu tanda yang terjadi berdasarkan adanya persamaan potensial dengan sesuatu yang ditandakannya. Tanda diartikan menurut hubungan kemiripan antara tanda tersebut dengan yang diwakili. Icon menggambarkan obyek2 yang tidak dapat dihadirkan Ikon merupakan representasi dari suatu benda fisik yang mempunyai sifat menyerupai. Foto SBY adalah ikon SBY, Gambar Bung Karno adalah ikon Bung Karno.

 

Indeks

Indeks  adalah tanda yang sifat tandanya tergantung dari keberadaannya suatu denotasi, Indeks merupakan suatu tanda yang sifatnya tergantung dari adanya suatu denotasi, atau mempunyai kaitan kausal dengan apa yang diwakilinya.Tanda diartikan menurut hubungan keterkaitan sebab-akibat atau bukti atas sesuatu. Indeks dengan demikian adalah suatu tanda yang mempunyai kaitan atau kedekatan dengan apa yang diwakilinya.

Misalnya tanda asap dengan api, tiang penunjuk jalan, tanda penunjuk angin dan sebagainya.

Contoh lainnya:

Kata ‘rokok’ memiliki indeks ‘asap’.

Ada asap pasti ada api

Kata ‘Api’ memiliki indeks ‘asap’

‘Orang yang lewat’ memiliki indeks ‘Jejak Kaki’

 

 

Simbol

adalah suatu tanda, di mana hubungan tanda dan denotasinya ditentukan oleh suatu peraturan yang berlaku umum atau ditentukan oleh suatu kesepakatan bersama (konvensi). Misalnya tanda-tanda kebahasaan adalah simbol. Tanda symbol ini diartikan menurut kesepakatan konvensi yang dibentuk secara bersama-sama oleh masyarakat dimana simbol itu berlaku

Misalnya :Gerakan tubuh atau anggukan kepala sebagai tanda setuju.

BENDERA MERAH PUTIH

– Simbol dari negara Republik Indonesia

– Makna “berani dan suci”

Dalam merancang system tanda, kita menggunakan pendekatan bahasa gambar. Dalam konteks ini, bahasa gambar dipahami sebagai sebuah proses berpikir kreatif yang dilakukan oleh penyampai pesan kepada penerima pesan dalam rangka menginformasikan pesan verbal yang divisualkan dalam bentuk gambar atau simbol.Tahapan komunikasi seperti ini didahului dengan memvisualkan kalimat verbal ke dalam bentuk gambar (simbol). Keberadaannya senantiasa melibatkan unsur gambar sebagai sarana untuk menemukan suatu keunikan atau ciri khas suatu daerah. Kemudian menerjemahkan informasi yang diterima oleh indra lain (telinga dan perasaan) ke dalam kesan penglihatan atau image, yang divisualkan dalam bentuk sketsa mulai dari berbagai alternatif layout sampai ke final desain.

 

Semoga bermanfaat

 

andreassyah.wordpress.com

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: